Panduan Lengkap Menjalani Diet Mediterania

Panduan Lengkap Menjalani Diet Mediterania

Cara-melakukan-diet-mediterania

Pola konsumsi Mediterania meraih popularitas sebagai metode diet yang paling sehat. Ini didorong oleh temuan yang menunjukan kawasan di sekitar laut Mediterania atau sekitar Italia dan Yunani memiliki persebaran penyakit kardiovaskuler yang cenderung lebih sedikit.

Salah satu alasan utamanya adalah pola konsumsi masyarakat di sana yang dikenal dengan pola konsumsi Mediterania. Berbagai penelitian berhasil membuktikan pola makan Mediterania bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, hingga menurunkan risiko komplikasi dan kematian akibat kanker, sindrom metabolik serta penyakit kardiovaskuler.

Diet Mediterania adalah diet yang menggabungkan prevalensi orang hidup sehat tradisional dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Pola makan ini adalah yang paling sehat, di antara manfaat diyakini mampu meminimalkan risiko terkena penyakit jantung.

Diet Mediterania ini adalah diet yang kaya sayuran, buah-buahan, kacang polong, kacang dan biji-bijian. Selain itu, menu diet Mediterania ini juga mengandung daging ayam dan daging lainnya, meskipun tidak banyak daging merah dan tidak ada lemak bosan yang berasal dari minyak zaitun dan kacang.

Diet mediterania sebenarnya membagi makanan sesuai dengan tingkat kebutuhan yang harus dipenuhi. Tingkatan tersebut, dibagi dalam piramida makanan diet mediterania seperti gambar berikut:

Piramida diet mediterania kitasehat.net

Diet Mediterania Berisi Banyak Manfaat

Diet mediterania diklaim bisa membuat tubuh kuat hingga usia senja. Tim ilmuwan melakukan peninjauan pada empat studi. Studi itu mencakup data lebih dari 5.700 orang dengan usia 60 tahun atau lebih yang tinggal di Perancis, Spanyol, Italia, dan China. Hasil kajian telah diterbitkan di Journal of Americans Geriatrics Society pada Kamis (11/1/2018). Temuan tersebut mengungkapkan bahwa orang yang menjalankan diet Mediterania akan memiliki tubuh yang lebih kuat di masa tua.

Diet Mediterania diyakini baik untuk kesehatan Anda. Melakukan dan mewujudkan diet kaya buah, sayuran, lemak sehat, dan gandum utuh dapat mengurangi risiko Anda menghindari sejumlah masalah kesehatan, Anda tahu.

Jika kita menjelajahi rencana makan jantung yang sehat, diet Mediterania mungkin menjadi pilihan yang tepat. Diet Mediterania menggabungkan dasar-dasar makan sehat, yang menambahkan sedikit minyak zaitun beraroma dan mungkin segelas anggur merah ke dalam komponen menu lainnya. Ini adalah karakteristik gaya memasak tradisional negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Diet Mediterania dapat diandalkan mengurangi risiko penyakit jantung, karena menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Hidangan Mediterania bervariasi sesuai dengan deskripsi daerah, tetapi sebagian besar menu Mediterania didasarkan pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, sereal, minyak zaitun, dan ikan. Berdasarkan informasi dari sebuah penelitian, orang yang bekerja pada diet Mediterania ini terbukti memiliki risiko 30% lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, diet Mediterania juga dapat diandalkan untuk mengurangi risiko terkena kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer. Wanita yang mengonsumsi menu diet Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun dicampur dengan kacang tanah dapat mengurangi risiko kanker payudara. Dengan menyadari diet Mediterania, Anda diharapkan melakukan pencegahan untuk banyak penyakit kronis.

Cara Menerapkan Diet Mediterania

Diet Mediterania adalah cara makan yang lezat dan sehat. Teknik ini menerapkan diet sehat, termasuk:

Makan sayuran dan buah-buahan, dan pindah ke gandum utuh.

Cobalah mengkonsumsi 7-10 porsi sayur dan buah setiap hari.

Ganti mentega dengan lemak sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola.

Gunakan bumbu dan rempah-rempah, bukan garam, untuk menambah rasa makanan.

Batasi asupan daging merah Anda tidak lebih dari beberapa kali sebulan.

Makan ikan setidaknya dua kali seminggu, cobalah untuk tidak menggoreng.

Banyak olahraga.

Batasi konsumsi makanan cepat saji, yang mungkin mengandung kadar garam dan lemak jenuh yang tinggi.

Ganti camilan kami dengan buah kering dan kacang-kacangan tanpa garam. Alih-alih kue, keripik, dan biskuit.

Anda bisa mengonsumsi anggur merah, tetapi tidak lebih dari dua gelas kecil per hari.

Minum banyak air untuk melawan minuman manis yang kita konsumsi.

Dosis dari sejumlah daftar menu disarankan, yaitu:

Asupan maksimal per bulan: dapat mengkonsumsi daging merah hingga 4 porsi dalam satu bulan. Dalam satu porsi mengandung 60 gram daging merah.

Asupan maksimum per minggu: dapat makan telur 3 porsi seminggu, di mana satu porsi adalah 1 telur, 3 porsi kentang (1 porsi adalah 100 gram), 3-4 porsi kacang (1 porsi adalah 30 gram, dapat dimakan sebagai camilan) dan kacang polong (1 porsi adalah 100 gram), makan 5-6 porsi ikan.

Asupan maksimum per hari: 3 porsi buah (1 apel, 1 pisang, 1 jeruk, 200 gram melon atau semangka, 30 gram anggur), 6 porsi sayuran (1 porsi berisi secangkir sayuran berdaun mentah atau setengah cangkir sayuran lainnya).
Dengan memahami informasi tentang diet Mediterania di atas, Anda dapat menerapkan teknik makan yang sehat dan lezat ini.

untuk memastikan bahwa diet ini cocok untuk Anda, silakan berkonsultasi dengan dokter nutrisi Anda yang berpengalaman. Faktor penting lainnya dalam diet ini adalah membatasi atau menghindari makanan tinggi lemak dan gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *